27 June 2008

Masalah register_globals Pada PHP

Beberapa hari terakhir, bantuin si Presma mecahin masalah untuk Tugas Akhirnya. Ternyata Web dia menggunakan koding PHP. Masalah timbul ketika web diupload ke hostingan. Di hostingan ternyata parameter register_globals 'off'. Sedangkan saat dibangun di laptop, settingan register_globals tersebut 'on'. Alhasil login tidak bisa dilakukan dengan sempurna...

Humm..sempet pusinggg bangettt..Akhirnya banyak refrensi di google ;p

Masalah yang kerap terjadi pada saat migrasi server atau upgrade versi PHP adalah masalah di register_globals. Jika anda membuat code di lingkungan register_globals on maka anda akan menghadapi masalah jika pindah ke linkungan yang register_globals off. Saya sendiri selalu membuat code kompatibel dengan kondisi register_globals off. Dengan tujuan agar tidak ada masalah dengan register_globals jika upgrade versi PHP atau pun pindah server dan juga karena alasan keamanan.

Pada umumnya pihak web hosting menset register_globals off. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah bagi anda yang membuat code di lingkungan register_globals on. Walaupun hal ini dapat diatasi dengan membuat file .htaccess yang isinya

php_flag register_globals on

Mengapa kita sampai bisa menggunakan settingan register_globals on ?

Hal ini mungkin disebabkan karena distribusi PHP seperti phptriad maupun XAMPP 1.5 yang secara default register_globals di set On. Ditambah lagi banyaknya buku PHP yang beredar dimana sample codenya itu masih menggunakan register_globals on.

Jadi, bagaimana mengatasinya ?

Biasakan menulis code di lingkungan register_globals off, selain lebih aman hal ini tentu akan mengurangi masalah anda dengan register_globals.

0 comments: