08 July 2008

Pemanasan Global? Nyalakan AC Saja!

Pernahkah mengunjungi toko, perkantoran, bank, atau bahkan ruangan di rumah kalian yang dilengkapi dengan AC? (juga di beberapa kendaraan umum atau mobil). Bagaimana rasanya, sejuk dan menyegarkan khan? Memang Air Condition atau AC lah yang membuat suhu suatu ruangan menjadi lebih sejuk.

Lagi marak isu pemanasan global, lantas apakah jika kita bersama-sama menyalakan AC, rasa “gerah” bumi ini bisa sedikit tertanggulangi, seperti halnya rasa sejuk di dalam kendaraan atau ruangan ber-AC itu?

Kita akan beranggapan bahwa itu tidak mungkin, karena bumi ini begitu luasnya dibandingkan ruangan kamar atau mobil kita. Mungkin kalau AC nya sedemikian besar kapasitasnya (atau banyak jumlahnya) sehingga sanggup menyejukkan seisi dunia, dan itu berarti juga jika tersedianya sumber tenaga listrik yang besar pula. Begitukah?

Cara kerja mesin penyejuk ruangan atau AC adalah berdasarkan prinsip perputaran energi,

Cobalah rasakan hawa yang keluar dari mesin AC di luar rumah, terasa panas khan??

Dari penjelasan tersebut jelaslah bahwa AC itu “membuang” panas untuk menghasilkan hawa “dingin”, bahwa Mesin Pendingin itu ternyata justru menghasilkan “panas” 3 kali lebih banyak dari “dingin yang ditimbulkan,artinya, walaupun AC tersedia cukup banyak dan sumber tenaga listrik berlimpah, alih-alih membuat sejuk dunia, bahkan menambah buruk pemanasan global

wikimu.com

0 comments: