17 July 2008

'Pindahan Rumah'

Semenjak forum di soft-launching pada bulan Desember 2007, kami selaku staff admin stmikmdp.forumer.com sangat bergembira karena begitu banyak antusias teman – teman yang tergabung dalam forum ini. Post demi post telah banyak teman – teman posting, saling share antar user, dan masih banyak hal tak mungkin disebutkan satu persatu disini

Forum stmikmdp.forumer.com merupakan sebuah e-forum yang kami buat, secara free (free hosting), dari awal kami mencoba melihat perkembangannya, ternyata sudah sesuai yang kami harapkan. Target awal adalah jumlah anggota sebesar 35 anggota (sekarang sudah 46 anggota), dan total post kami menargetkan sebesar 100 post. Tapi diluar dugaan, total keseluruhan thread post disini telah berjumlah 697 post! Sungguh angka yang tidak kami bayangkan sama sekali.

Karena forum ini dibuat secara gratis, tentu banyak keterbatasan – keterbasan yang ada disini. Mulai dari setting – setting forum, security, dan quota – quota yang diberikan, minim sekali. Berangkat dari kenyataan itu, kami mencoba mencari alternatif lain. Beberapa alternatif kami lihat, dan akhirnya kami memutuskan untuk menginstall server forum sendiri.

Kami menilai, dengan menginstall server forum sendiri, kami lebih leluasa untuk melakukan manajemen forum, baik itu pengaturan post – post hingga tingkat keamanan anggota/user yang lebih secure. Sehingga bisa menutup kekurangan disana sini yang telah terjadi.
Instalasi forum server telah selesai, sengaja kami belum resmi publish. Karena kami harus mempersiapkan segala sesuatunya. Karena semua harus di set secara manual. Seminggu ini kami bekerja keras untuk mempersiapkan agar bisa segera di launch.

Seperti “ rumah “ baru, rumah baru kita ini benar – benar kosong. Karena ditempat hostingan gratis yang sekarang, tidak menyediakan backup database untuk post – post yang telah di posting. Sehingga post yang lama tidak bisa kami transfer ke forum baru. Kami segenap crew memohon maaf atas kekurangan ini. Termasuk keanggotan seluruh forum ini, karena menggunakan forum engine yang berbeda dengan yang sekarang (DULU = Forum PHPbb3 , SEKARANG = Forum Vbulletin 3.6.Cool tidak bisa menggunakan ID yang lama. Sehingga harus mendaftar ulang di ‘ RUMAH ‘ yang baru.

Sebagai bentuk apresiasi kami, kami akan memberikan beberapa fitur – fitur menarik untuk semua teman – teman yang sekarang telah tergabung di forum ini. Seperti fitur “SEARCH” , Avatar yang lebih besar, Reputation Power (Sebuah nilai Kepangkatan dalam forum), dan beberapa item – item lain, yang belum tentu didapatkan oleh user baru.
Di forum yang baru, teman – teman bisa mendapatkan hal – hal baru yang tidak bisa ditemukan di forum lama.

Mari kita sama – sama membangun forum ini, kelak nantinya ini merupakan sarana komunikasi kita ketika jarak yang memisahkan…Kita bisa bertemu disini, Amin…
DATA TEKNIS FORUM BARU:
Engine : Vbulletin 3.6.8  Patch Update Feb’08
Server : Apache, OS LINUX
Kapasitas : 100.000 MB (100 giga)

Link Sementara : nobodyriz.com/forum/index.php
Thebcgteam@2008
Bad_sector, ilhamplg, paman_gembul

0 comments: